SEPUTAR BUS DAN TRUK: DESAIN INDUSTRI BIS INDONESIA

Jumat, 21 Juni 2013

DESAIN INDUSTRI BIS INDONESIA

DESAIN INDUSTRI BIS INDONESIA
         
Bis ? siapa yang tidak kenal dengan salah satu jenis alat transportasi yang cukup banyak tersebar dan digemari di negeri ini. Selain bentuk dan dimensinya yang mudah dikenali, moda angkutan bis ini juga mampu mengakomodasi jumlah penumpang yang cukup besar, sehingga dalam banyak hal bis memiliki berbagai kelebihan dalam menjawab permasalahan transportasi seiring pesatnya perkembangan dan kemajuan jaman. Begitu populernya angkutan penumpang menggunakan armada bis, tentunya merupakan tantangan tersendiri bagi kalangan pengusaha yang berkecimpung dalam bisnis transportasi tersebut untuk meningkatkan kwalitas produk dan pelayanannya. Beberapa perusahaan otobus seperti PO Nusantara, Blue Star, Lorena, Pahala Kencana, Raya, dan masih banyak lagi bahkan telah menyiapkan armada-armada bis-nya dengan model dan desain terbaru yang meliputi desain eksterior maupun interior yang mewah, eksklusive dan nyaman untuk memanjakan penumpangnya selama berkendaran. Hal ini bukan tanpa alasan bagi pihak perusahaan otobus yang berlomba meningkatkan kwalitas pelayanannya, karena konsumen saat ini sudah sangat selektif dalam memilih jasa angkutan bis yang akan digunakannya seiring dengan arus informasi yang semakin terbuka dan mudah didapatkan. Berbicara tentang model dan desain bis tentunya tidak akan terlepas dari peran industri karoseri selaku produsen pembuatnya mulai dari perencanaan desain, rancang bangun, pemilihan bahan, proses assembling, finishing hingga akhirnya bisa digunakan secara layak oleh konsumen. Seiring semakin terbukanya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya peranan desain, dengan jeli ditangkap oleh kalangan industri karoseri sebagai peluang untuk menampilkan produk yang memiliki muatan inovasi desain sebagai kekuatan baru dan strategis bagi perusahaan dalam meraih pasar. Berbagai model bis yang cukup popular di Indonesia, kini telah menjadi ikon yang mampu merepresentasikan karakter dan image karoseri yang memproduksinya.

            Sebutlah Karoseri laksana dengan Produk unggulannya yang diberi nama Proteus, Karoseri Rahayu Sentosa denga Celcius-nya, New Armada dengan Genesia-nya, Adiputo dengan Royal Coach-nya, Kesemuanya memiliki karakter desain dan keunikan produknya tersendiri yang pada akhirnya pihak konsumen pun akan di untungkan dengan banyaknya pilihan yang ditawarkan sesuai selera dan karakter yang diinginkan. Salah satu upaya dari pihak karoseri dalam mengantisipasi kebutuhan pengembangan produknya yang meliputi pengembangan desain dan enjinering dalam mewujudkan inovasi pada setiap produknya adalah dengan melengkapi lini produksinya dengan adanya tim desain khusus yang memang ditugaskan untuk menghasilkan karya desain dan kajiannya yang inovatif dan segar sesuai karakter karoseri yang bersangkutan. Sehingga tidaklah mengherankan bagi beberapa perusahaan karoseri yang memiliki tim desain dan engjiniring yang solid akan mampu menghadirkan produk-produk bis unggulan yang mampu diterima oleh pasar dan menjadi kebanggaan bagi konsumen di negeri ini. Dalam upaya meningkatkan kwalitas transportasi di Indonesia khususnya moda angkutan menggunakan bis, tentunya sudah menjadi tugas bersama baik itu pihak Pemerintah selaku penentu kebijakan, pihak Karoseri sebagai penyedia produk yang diharapkan semakin berkwalitas, dan Perusahaan Otobus yang akan memberikan pelayanan jasa angkutan terbaiknya bagi khalayak, yang kesemuanya itu harus bahu membahu dan membangun komunikasi dalam memberikan kontribusi yang terbaik demi terwujudnya sistem transportasi yang lebih dinamis dan modern.


Beranda SEPUTAR BUS DAN TRUK
Copyright © SEPUTAR BUS DAN TRUK Urang-kurai