Design Bus kali ini merupakan model kiriman dari rekan kami mas Arif yang mencoba mengembangkan model dari Jetbus Adi putro agar lebih segar. Kita tahu model bus baru yang didominasi produsen karoseri adi putro
dengan jetbus-nya berefek pada monotonnya pemandangan di jalan. Jetbus
dan jetbus lagi :D. Sejak pertama launching pada arena IIMS 2011, hingga
saat ini sudah mendekati 2 tahun dan tentu sudah ribuan armada
menjejali jalan raya. Dengan kuota produksi di kisaran 2000-an unit
lebih per tahun menjadikan varian ini produk sejuta umat.
Karena hal itu pula maka beberapa owner bus berinisiatif memberikan ciri
khusus pada bis yang dipesannya untuk membedakan dengan varian jetbus
lainnya. Ada beberapa sebutan yang sering kita jumpai misalnya, super
jetbus (po. subur jaya), Erobus fd (po. efisiensi),
sp jetbus, jetbus +, jetbus star dan lainnya. 'Varian' tersebut
sebenarnya lebih kepada gimmick marketing untuk meningkatkan image
special untuk armada -armada po tersebut. Secara kebetulan, 2 nama po
yang disebut pertama juga adalah pedagang bis. Dari produsen resminya
sendiri untuk big bus hanya mengeluarkan varian Hi Deck (HD) & non
HD, masih dengan badge Royal Coach.
Berkaca pada hal tersebut bisa diindikasikan bahwa sebenarnya konsumen
mulai menginginkan varian baru yang tidak lagi pasaran. Tentu masih
dengan standard produksi yang sama, dengan badge adi putro yang begitu menghipnotis dengan image produk kelas atasnya.
Bertepatan dengan kemunculan produk baru Comfort Class dari SETRA, produsen karoseri bis asal negeri Bavaria. Setra
maupun model travego (MB) yang merupakan kiblat model dari AP cukup
bisa menjadi referensi. Untuk membuat varian baru dari jetbus tidak
perlu mengganti total rancang bangun yang ada, cukup minor change di
beberapa bagian yang menjadi titik identitas sebuah model bus. Dengan
sentuhan di beberapa sektor tersebut sudah membuat tampang baru tanpa
perlu riset berlebih. Dengan kata lain dari segi waktu bisa cepat dan
tentu dari sisi biaya juga ringan.
Jetbus New Sprinter |
Jetbus New Sprinter |
Jetbus New Sprinter |
Bagian yang dimodifikasi:
1. Sektor pintu depan beserta pilar B
Garis kaca pintu depan kembali ke era model sebelumnya, setra
selendang & sprinter. Variasi 3d selendang cukup berhenti pada
titik pertemuan dengan garis chrome bawah kaca, di atas logo RCE.
2. Sektor Cowl belakang
Ada dua opsi untuk penggunaan brake lamp; lampu original jetbus
atau model vertikal aeroqueen dengan sirip-siripnya. Lampu kucing pada
bumper dibuat standar seperti model legacy sky.
3. Sektor kaca samping SW5 (kaca paling belakang)
Tambahan aksen terusan warna hitam yang meneruskan garis chrome bawah
kaca. Cukup memainkan metode cat tanpa harus membuat stok kaca yang
baru.
Catatan Designer : Gambar-gambar konsep varian NEW SPRINTER ini hanya
wujud khayalanku saja. Hasil pengembaraan fantasi akan sebuah kecintaan
pada dunia otobis. Dengan kata lain tidak ada dalam dunia nyata.
sumber : http://www.karoseri-id.com/