SEPUTAR BUS DAN TRUK: Seputar Design Bus (INFECTO)

Seputar Design Bus (INFECTO)


Rehat sejenak dari dunia replica/papercraft bis.  Setelah menggambar ulang produk beberapa body builder aka karoseri kawakanIndonesiadan mengecilkannya ke dalam bentuk mini, boleh dong sesekali mencoba iseng menuangkan beberapa ide sendiri yang mengendap di kepala. Disimpen pun rasanya kurang bermanfaat bikin jerawat tambah subur.

Salah satu ide desain yang mengilhami karoseri lokal diterapkan dalam varian produknya adalah produk negeri matahari terbit, Mitsubishi Fuso Aeroqueen. Bagian yang diambil ini pada bagian pilar B (pilar pintu depan). Bentuk pilar yang kekar dengan warna mencolok berdiri tegak hingga ke bawah bertemu tarikan kaca pada pintu depan yang rendah merupakan idem anis yang ditelurkan pabrikan Jepun ini. Bentuk ini cukup mudah diaplikasikan dalam proses produksi karena pada dasarnya merupakan pilar B yang dibesarkan dan diberi finishing cat silver agar terkesan terbuat dari bahan metal.
Cukup banyak varian produk karoseri dalam negeri yang menerapkannya meskipun tidak sama persis dan bahkan hanya mengambil ide dasarnya saja, diantaranya:

Adi Putro prototype 1526
Keluar pada awal 2010 barengan dengan peluncuran seri engine OH 1526 dari Mercedes Benz. Varian ini hanya diproduksi 1 unit saja oleh Adi Putro atas custom order dari si Gajah Jakarta. Dari berakhirnya masa promo campaign dari pihak MB hingga kini tak satupun varian ini diproduksi secara massal.  Kurang tahu karena tidak adaPOyang minat atau permintaan dari owner pertama agar dibuat versi sangat-sangat Limited Edition.
Morodadi Prima
Produk yang dikeluarkan karoseri Malang ini seringkali disebut MP Aeroqueen, cuma kurang tahu nama resminya.

Satrio Motor: Zonda bus
Meskipun “hanya” bengkel bodi repair namun karena kualitas pengerjaannya yang lumayan halus dan modelnya lumayan mencuri perhatian bolehlah satrio motor dimasukan dalam daftar kali ini. Pada dasarnya model zonda bus ini hanya modifikasi dari varian adiputro dengan bagian depan belakang nembak model Jetbus AP, hanya bagian samping pilar pintu depan sedikit dimodifikasi mirip dengan pilar Aeroqueen.

RS Euroliner
Akhir tahun 2011 Rahayu Santosa menelorkan varian baru dengan cirri utama juga pada eksplorasi pilar pintu ini.


Laksana
Pertama kali kulihat produk laksana dengan pilar B besar pada produk PO Raharja patas Purwokerto-Jogja.
Berangkat dari maraknya ide eksplorasi pilar B ini, tak  mau ketinggalan aku coba torehkan satu gambar dengan ide dasar Fuso Aeroqueen yang tentunya sudah dipadukan dengan tren desain bis akhir-akhir ini dengan topi di kepala serta cover ac yang sedikit menutupi badan mesin pendingin pada atap bis. Tidak salah juga dong varian ini dilabeli “INFECTO”, meskipun kedengarannya dari sisi marketing kurang menjual . Just for fun ae lah…
Penampakan saat jadwal keberangkatan tiba dari beberapa operator bis:
http://paperbusmodel.wordpress.com/2012/03/15/infecto/

1 komentar:

Copyright © SEPUTAR BUS DAN TRUK Urang-kurai